Minggu, 02 Juni 2013

Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net


SOAL 1Buatlah program untuk menampilkan hasil ke listview untuk kasus Latihan Listview Perhitungan Penjualan Barang

Berikut Jawaban Program :

Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Kode_Barang.Items.Add("TS001")
        Kode_Barang.Items.Add("TS002")
        Kode_Barang.Items.Add("VG001")
        Kode_Barang.Items.Add("VG002")

        rancangtable()
    End Sub

    Private Sub Kode_Barang_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kode_Barang.SelectedIndexChanged
        Dim x As String
        Dim y As String
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(Kode_Barang.Text, 2)
        Select Case x
            Case "TS" : merk.Text = "TOSHIBAH"
            Case "VG" : merk.Text = "V-Gen"
        End Select
        y = Microsoft.VisualBasic.Right(Kode_Barang.Text, 3)
        Select Case y
            Case "001" : nb.Text = "Flashdisk 4GB"
            Case "002" : nb.Text = "Flashdisk 2GB"
        End Select
        If x = "TS" And y = "001" Then
            harga.Text = 105000
        ElseIf x = "TS" And y = "002" Then
            harga.Text = 75000
        ElseIf x = "VG" And y = "001" Then
            harga.Text = 90000
        Else
            harga.Text = 6000
        End If
    End Sub

    Private Sub jb_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles jb.KeyPress
        th.Text = Val(harga.Text) * Val(jb.Text)
    End Sub

    Sub rancangtable()
        lv.Columns.Add("no.pembelian", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("kode barng", 80, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("nama barang", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("merk", 80, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("harga", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("jumlah beli", 80, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("total harga", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.View = View.Details
        lv.GridLines = True
        lv.FullRowSelect = True
    End Sub
    Sub isitable()
        Dim lst As New ListViewItem
        lst.Text = no_pembelian.Text
        lst.SubItems.Add(Kode_Barang.Text)
        lst.SubItems.Add(nb.Text)
        lst.SubItems.Add(merk.Text)
        lst.SubItems.Add(harga.Text)
        lst.SubItems.Add(jb.Text)
        lst.SubItems.Add(th.Text)
        lv.Items.Add(lst)

    End Sub

    Private Sub simpan_ke_listiew_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles simpan_ke_listiew.Click
        isitable()
    End Sub

    Private Sub bersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles bersih.Click
        no_pembelian.Text = ""
        Kode_Barang.Text = ""
        nb.Text = ""
        merk.Text = ""
        harga.Text = ""
        jb.Text = ""
        th.Text = ""
    End Sub

    Private Sub hapus_semua_data_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles hapus_semua_data.Click
        lv.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub data_yang_di_pilih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles data_yang_di_pilih.Click
        lv.Items.Remove(lv.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub keluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles keluar.Click
        Me.Close()
    End Sub
End Class

Hasilnya:


 

1 komentar: